Kamis, 14 Mei 2015

Sabar apakah ada batasnya? By Bulan Ramadlan

Bulan Ramadlan :: Sabar apakah ada batasnya? By Bulan Ramadlan
Assalamu'alaikum wr wb. Bismillah Alhamdulillah Washshalatu Wassalamu 'Ala Rasulillah Wa Alihi Waanbiyaillah. Saudara-saudara seiman yang dirahmati Allah SWT. pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai SABAR.
Sabar, kalau kita lihat dari salah satu lirik lagu yang sepertinya sudah banyak dijadikan istilah atau semboyan oleh masyarakat indonesia "Sabar itu ada batasnya" seakan akan sabar itu mudah dan hanya seakan akan pokoknya mencoba bersabar saja. namun kalau kita lihat dari dalil baik dari Al-Qur'an maupun Al-Hadits, menurut sepengetahuan saya, saya masih belum pernah menjumpai Al-Qur'an maupun Al-Hadits yang menyatakan bahwa Sabar itu ada batasnya. Bahkan kalau kita lihat dari pekerjaan dan keadaan Rasulullah saw sendiri, ternyata beliau selalu sabar sampai akhir hayatnya, dan begitu pula kalau kita lihat amaliyah dan keadaan para awliyaullah, beliau beliau semuanya sabar sampai akhir hayat.

Dari apa yang sudah dikerjakan Nabi dan juga diikuti oleh para wali jelas ini menunjukkan, bahwa sabar itu sebenarnya tidak ada batasnya, walau kadang kala banyak orang yang merasa sudah bersabar dan mencoba bersabar namun pada akhirnya dia sudah tidak bisa bersabar lagi, lalu lahirlah kalimat "Sabar itu ada batasnya"
Jadi kalau menurut saya, bukanlah sabar yang ada batasnya, namun orang yang berusaha sabarlah yang sering mengadakan pembatas, padahal pada hakekatnya sabar itu tidak terbatas.

Sabar memang sangat sulit, walau kalimat sabar sangat mudah diucapkan, namun sebenarnya dalam pengamalan sabar itu sendiri sangat berat dan sulit. butuh latihan yang banyak, hati yang bersih dan kemauan yang kuat dan didukung lingkungan yang baik untuk menjadi orang yang sabar.
Dan sabar ini pula yang sangat tipis dan kurang melekat di diri-diri kaum muslimin di indonesia saat ini, terutama sabar dalam mencari nafkah, karena tiap hari sangat banyak kriminal yang terjadi yang ternyata motifnya adalah karena kekurangan ekonomi. padahal tidak sedikit yang melakukan kriminal ekonominya sudah cukup bagus, motor sudah punya, tv juga punya, hp apalagi, cuma mereka tidak sabar dan tidak mensyukuri nikmat Allah yang sudah diberikan kepadanya, sehingga mereka melakukan sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan.

Karena keadaan ini pula, saya pada kesempatan ini mengajak saudara-saudara semua untuk berlatih sabar dari semua keadaan dan tidak lupa meminta kesabaran dan hidayah kepada Allah. dan semoga kita semua termasuk orang orang yang selalu bisa menjalankan perintahNYA dan menjahui laranganNYA amin.. Ya Rabbal 'Alamin.. Wassalamu'alaikum

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Footer1

FOOTER 2

Footer 3

Copyright 2013 Bulan Ramadlan Template by Ramadlan - Ramadlaner - Proyek Template SEO