Sabtu, 09 Mei 2015

Mengenal Ahlus Sunnah Wal Jama'ah

Bulan Ramadlan :: Mengenal Ahlus Sunnah Wal Jama'ah
Ahlus Sunnah Wal Jama'ah adalah istilah yang mungkin tidak asing bagi anda yang sudah pernah mencari ilmu di pondok pesantren, madrasah atau tempat lain yang memang penuh dengan pelajaran agama. namun ternyata istilah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah masih banyak belum difaham oleh banyak orang islam, yang mungkin dia hidupnya memang penuh kesibukan sehingga tidak sempat memperdalam mengenai islam itu sendiri dengan sedalam dalamnya, sehingga ada juga yang menganggap istilah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah sebagai istilah yang baru, bahkan dianggap suatu kelompok yang menganggu, karena istilah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah ini yang memecah belah persatuan islam. nah, orang seperti ini nih yang sebenarnya cukup bahaya dan sangat ironis sekali menyatakan islam namun tidak faham apa itu ahlus sunnah wal jama'ah yang biasa disingkat sebagai ASWAJA pada saat ini.

Ahlus Sunnah Wal Jama'ah (ASWAJA) sebenarnya adalah islam yang sebenarnya, dan yang memberikan istilah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah ada Rasulullah Saw sendiri, salah satunya bisa anda lihat dari sabdanya:

hadits sahih riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim berikut:


افترقت اليهود على إحدى وسبعين فرقة، وافترقت النصارى على اثنتين وسبعين فرقة، وستفترق هذه الأمة على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا واحدة، قيل: من هي يا رسول الله؟ قال: من كان على مثل ما أنا عليه وأصحابي. وفي بعض الروايات: هي الجماعة

Artinya: Umat Yahudi menjadi 71 golongan. Nasrani terpecah menjadi 72 kelompok. Umat ini (Islam) akan terpecah menjadi 73 golongan. Semuanya di neraka kecuali 1 (satu) golongan (yang selamat). Nabi ditanya, "Siapa dia ya Rasulullah?" Nabi menjawab, "Yaitu golongan yang seperti aku dan para Sahabatku." Dalam sebagian riwayat, "Dia adalah jamaah."

فقد ثبت في الحديث الصحيح أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: افترقت اليهود على إحدى وسبعين فرقة، وافترقت النصارى على اثنتين وسبعين فرقة، وستفترق هذه الأمة على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا واحدة، قيل: من هي يا رسول الله؟ قال: من كان على مثل ما أنا عليه وأصحابي. وفي بعض الروايات: هي الجماعة. رواه أبو داود والترمذي وابن ماجه والحاكم، وقال: صحيح على شرط مسلم.

hadits hadits yang lain ialah:


عن عمر رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال :

"عليكم بالجماعة وإياكم والفرقة فإن الشيطان مع الواحد وهو من الاثنين أبعد ومن أراد بحبحة الجنة فعليه بالجماعة"

Telah datang riwayat dari sahabat yang mulia Umar bin al khattab radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah ‘alaihi ash shalatu wa assalam bersabda:

“(Berpegang teguhlah) kalian dengan al jama’ah dan menjauhlah dari perpecahan, karena sesungguhnya syaithan itu bersama orang yang sendirian dan ia lebih jauh dari mereka yang berdua. Barangsiapa yg menginginkan tempat terbaik di dalam surga, maka wajib atasnya untuk (berpegang teguh) dengan al jama’ah “.



 عن ابن عمر رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم :"إن الله لا يجمع الله أمة محمد على ضلالة و يد الله على الجماعة و من شذ شذ في النار".

Begitu pula hadits ‘Abdullah bin ‘umar radhiyallah ta’ala ‘anhuma, bahwasanya nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengumpulkan ummat nabi Muhammad shalallah ‘alaihi wa sallam diatas kesesatan, dan sesungguhnya tangan Allah bersamaal jama’ah, maka barang siapa yang menyimpang (dari al jama’ah) sungguh ia telah menyimpang, dan itu akan mengantarkan dia untuk masuk kedalam neraka”. Diriwayatkan oleh Al Imam At Tirmidzi dalam sunannya dan Al Imam Al Hakim dalam almustadrak.

Jadi secara ringkas, Jama'ah itu itu adalah golongan shahabat dan semua ummat Islam yang mengikuti Rasulullah saw, yang mana jumlahnya paling banyak dari firqah firqah yang ada. mereka tidak bercerai berai dan tidak suka mencerai beraikan ummat.
Sedangkan Ahlus Sunnah adalah orang orang yang selalu mengikuti apa yang dikerjakan, dan dikatakan rasulullah saw.
pengertian Sunnah secara terminlogi yaitu nama suatu jalan yang mendapakan ridlo yang telah ditempuh oleh Rasulullah SAW, para khulafa’ al Rosyidin dan Salaf Al Sholihin. Seperti yang telah disabdakan oleh Nabi :
عَلَيكُمْ بِسُنَّتيِ وَسُنَّةِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ مِنْ بَعْدِي
Ikutilah tindakanku dan tindakan para khlafaurrosyidin setelah wafatku.
Sedangkan pengertian kalimat Jamaah adalah golongan dari orang-orang yang mempunyai keagungan dalam Islam dari kalangan para Sahabat, Tabi’in dan Atba’ Attabi’in dan segenap ulama’ salaf As solihin.
Setiap ajaran yang berdasarkan pada Usul Al syari’ah dan Fur’nya dan pernah dikerjakan oleh para nabi dan Sahabat sudah barang tentu merupakan ajaran yang sesuai dengan aqidah ahli sunnah wa aal jamaah seperti : Shalat Tarawih, witir, baca shalawat, ziarah kubur, mendo’akan orang yang sudah mati dll.
Sekian dari saya sedikit penjelasan secara singkat sebagai pengenalan apa itu Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, dan apabila anda ingin tahu Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah lebih banyak lagi silahkan anda tunggu tulisan saya selanjutnya. atau silahkan baca di: Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah (ASWAJA)
dan sekian dari saya, semoga tulisan saya ini bermanfaat buat kita semua di dunia dan di akhirat kelak amin..

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru
 

Footer1

FOOTER 2

Footer 3

Copyright 2013 Bulan Ramadlan Template by Ramadlan - Ramadlaner - Proyek Template SEO